Wajib Pajak Punya Aset di RI Bisa Ikut Tax Amnesty

Jakarta, detik.com -Undang-undang pengampunan pajak atau tax amnesty telah disahkan kemarin. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan aturan ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang Indonesia yang hartanya ada di dalam negeri.

“Jadi ini bukan aturan yang untuk mengistimewakan pembayar besar yang aset atau dananya ada di luar negeri. Yang hartanya ada di dalam negeri pun bisa. Pembayar pajak yang kecil pun bisa mendapatkan pengampunan pajak,” kata dia dalam Konferensi pers di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Dengan demikian, mereka yang punya tanggungan pajak namun hartanya ada di dalam negeri pun tidak perlu khawatir karena mereka akan mendapatkan hak yang sama.

“Misalnya mereka yang punya aset dengan nama orang lain, kalau dia deklarasi dia dan balik nama maka dia akan mendapat pengampunan pajak. Atau orang yang lupa masukkan daftar aset yang dimiliki dalam SPT, kemudian dia deklarasi dan memasukkan dalam SPT, dia juga dapat pengampunan. Jadi semua bisa,” tutur dia.

Namun demikian, ada tiga kelompok orang yang tidak bisa mengajukan pengampunan pajak. “Yaitu mereka yang dalam penyidikan, yang dalam masa tahanan dan dalam proses peradilan tindak pidana perpajakan,” pungkas dia.